Sunday, January 20, 2019

Hello World

Hai semua, sudah lama sekali rasanya tidak membuka blog ini. Rasa-rasanya terakhir posting pas jaman-jaman SMP buat dapet nilai blog di pelajaran bahasa Indonesia. Yap, dulu pelajaran bahasa Indonesia kalau mau dapat nilai bagus harus buat blog wkwkwk. Cukup sulit ya, karena rata-rata orang Indonesia termasuk saya sendiri males banget buat nulis blog.

Ternyata menulis tuh bermanfaat banget teman-teman. Selain kita dapat berbagi ilmu, kita juga dituntut untuk mengembangkan ilmu yang kita miliki biar bisa nulis dengan baik. Oleh karena itu, menulis sama dengan belajar.

Nah kan udah tau tuh nulis keren, sekarang juga lagi diterapkan nih. Saat ini, saya udah punya beberapa outlet untuk menyebar tulisan. Yang paling baru ya website sih sebenarnya, soalnya kepincut sama mimpi lama buat nulis website sendiri yang bermanfaat bagi banyak orang.

Without further ado! Nih tempat-tempat menulis yang baik, dan yang sudah saya jamah
Medium - Iqbal Hakim 
Website - Insanpelajar
Blog - Iqbal Hakim Journey

Kenapa medium? Karena reach nya sangat luas dan rata-rata readernya sangat antusias. Medium biasanya saya pakai untuk tulisan tulisan populer berbahasa inggris.

Kenapa website? Karena pingin punya platform nulis yang bebas dari campur tangan pihak lain aja sih sebenarnya hahaha. Selain itu, website juga sangat bebas mau ngapain aja jadi enak banget buat dimodifikasi.

Kenapa blog? Karena pertama kali bikin ini hahaha.

Terus, tempat lain yang oke apa dong? Banyak!
Kompasiana
Guest posting di web populer macam Hipwee
Quora/Brainly (kalau suka jawab pertanyaan)

Dan masih banyak lagi!

No comments:

Post a Comment